Kamis, 25 Desember 2014

WARNA DALAM GERAKAN

 
Salam Mahasiswa.
Pergerakan Mahasiswa saat ini memiliki banyak warna. Berbagai warna memiliki filosofi gerakannya masing-masing. Apapun itu, semua ingin bermuara dengan satu tujuan. Kebaikan. Hanya saja jalan yang ditempuh kadang sangat berbeda. Filosofi gerakan yang dibangun kadang  bertabrakan satu dengan yang lainya. Dan tidak bisa dipungkiri, perbedaan itu menjadi penyebab perpecahan diantara para Mahasiswa ataupun pemuda.
Fanatik Gerakan
Setiap warna memiliki fanatisme dalam gerakannya. Sehingga warna lain terkadang dianggap salah. Baik itu salah dalam gerkannya maupun salah dengan individunya. Dan ketika salah satu person dari warna lain mendekatkan diri dengan warnanya maka akan dianggap sebagai mata-mata gerakan dan diapandang sebelah mata karena memiliki warna yang berbeda.
Hal yang seperti itu telah menjadi rahasia umum diantara para aktifis mahasiswa dan pemuda. Sekat diantara warna sangat terlihat dengan jelas meski tidak pernah ada yang mengumbar masalah tersebut. Entah apa penyebab semua itu. Apakah pernah ada konflik yang tidak terdselesaikan ataukah pernah ada diskusi yang tidak pernah ada titik temunya.
Sungguh sangat miris, fariasi warna yang seharusnya menjadi rahmat malah menjadi faktor pemecah yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Bukankah perbedaan itu ada agar kita saling mengenal.
Satukan Kebersamaan
Bhineka Tunggal Ika sebagai prinsip Negara seperti telah terkikis oleh ego warna gerakan. Persaudaraan semuslim seperti terkikis oleh ideologi gerakan masing-masing kelompok. Lantas kapan mahasiswa dan pemuda dapat bersatu kembali seperti dulu. Yang dengan persatauan itu Bung Utomo memproklamirkan Sumpah Pemuda. Yang dengan persatuan itu, rezim orde lama digulingkan.
Aktifis pemuda dan mahasiswa kini seperti tengah tertidur dalam lelapnya warna pribadi yang dimiliki satu kelompok. Bukankah dengan banyaknya warna dapat menghasilkan harmoni dalam satu kanvas. Mengapa harus perdulikan warna. Bukankah dengan banyaknya buah fikiran akan banyak menghasilkan solusi terhadap suatu permasalahan.
Jangan terpaku oleh satu jendela. Karena ada pemandangan lain yang mungkin lebih indah di jendela yang lainnya. Ilmu yang dimiliki satu orang berbedadengan orang lain. Bisa jadi apa yang tidak kita ketahui ada didiri orang lain.
Terkhusus di Kampus Umpar. Apapun warnamu. Bersatulah dengan warna biru.002

Tidak ada komentar:

ALLAZI ALLAMA BILKALAM ALLAMAL INSANA MALAM YA'LAM