Kamis, 25 Desember 2014

KORAN DINDING


Perjalanan dimulai pada bulan januari 2014, pada saat itu ketua bem FKIPi Universitas Veteran Indonesia makassar, Harlin ingin mendirikan UKM Pers di kampus kuningnya. Harlin yang sementara mengijak sesmester VII ini mengundang UKM pers pena UMPAR untuk mendiskusikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendirikan ukm pers di kampus. Proses demi proses dilakukan mulai dari mengumpulkan beberapa anggota dari berbagai jurusan hingga telah melaksanakan pelatihan jurnalistik.
Harlin yang sering dipanggil Pendo sebagai fasilitator pembentukan UKM ini membentuk pengurus organisasi sementara untuk menjalankan langkah awal pengembangan organisasi yang bergerak di jurnalistik ini, namun mereka juga memiliki persoalan yang sama dengan ukm pers pena umpar ialah mandeknya dipenerbitan.
Masalah penerbitan ini kemudian menjadi masalah yang sangat urgen di Unit Kegiatan Mahasiswa yang begerak di bidang jurnalistik. Biaya penerbitan yang tidak sedikit membuat kegiatan penerbitan yang menjadi jantung utama UKM Pers menjadi terbengkalai. Sehingga perlu untuk mencari solusi tepat agar gerakan mahasiswa di bidang Penerbitan tulisan ini tetap ada kesempatan untuk berkarya. 
Pada ahir bulan Juli 2014, perjalanan teman-teman UKM Pers Pena terhenti di Stimik Bina Mulia Palu. Kami bertemu dengan salah satu mahasiswa di Universitas yang berada di Kota Palu Sulawesi Tengah itu yang bernama Dedi Hariyadi. Ia kemudian memperlihat KORDI yang tertempel di Mading Kampus. Kemudian dari temuan tersebut UKM Pers Pena Umpar berinisiatif untuk melahirkan KORDI di Kampus Biru Umpar sebagai solusi dengan masalah penerbitan yang dihadapi.

Tidak ada komentar:

ALLAZI ALLAMA BILKALAM ALLAMAL INSANA MALAM YA'LAM