Sabtu, 27 Desember 2014

HARI PAHLAWAN DALAM PERSFEKTIF MAHASISWA



Sudah setengah abad lebih, ketika Bung Tomo memimpin Arek-arek Suroboyo melawan agresi militer Belanda, dan tepat pada hari itu terjadi sebuah peristiwa sejarah yang samapi hari masih terus dikenang. Setiap 10 November diperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pejuang yang membawa Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Setiap masyarakat pun ikut memeriahkan momen tersebut dengan caranya masing-masing, tapi apa yang sebenarnya ada di benak masyarakat Indonesi a mengenai Hari Pahlawan itu?
Persfektif masyarakat Indonesia, khususnya anak muda yaitu dari kalangan mahasiswa, mengenai makna Hari Pahlawan cukup beragam. Ada yang berpendapat bahwa peringatan Hari Pahlawan merupakan hari untuk aktifis, buruh, petani dan mereka yang masih belum merdeka dalam pekerjaannya untuk selalu berjuang dalam kebebasan. Hari Pahlawan itu sendiri merupakan hari untuk rakyat Indonesia yang bertujuan agar masyarakat tahu mengenai pahlawan-pahlawan Indonesia serta jasa-jasanya.
Ada juga yang berpendapat bahwa tanggal 10 November diperingati oleh mahasiswa sebagai hari untuk belajar dengan giat. Dewasa ini, tidak ada lagi perjuangan melawan penjajah, yang ada hanya perjuangan untuk mengarumkan nama bangsa.
Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Pahlawan. Tapi permasalahannya, ada juga orang Indonesia yang tidak memperingatinya karena terpengaruh budaya asing. Mirisnya lagi, ada mahasiswa yang tidak tahu, bahkan lupa, jika 10 November merupakan Hari Pahlawan.Hari Pahlawan merupakan aktivitas berperang mempertahankan Indonesia, tapi lebih dari itu, yakni seperti berjuang di bidang pendidikan.
Jadi yang menjadi masalah kemudian adalah, apakah mahasiswa hari ini, yang mendapat gelar, Agent of Change, Power of balance, dan Moral force dan selalu meneriakkan kata perjuangan dan perubahan bisa kita katakan Pahlawan dalam konteks perubahan bangsa?. Mari kembali ke internal diri masing-masing untk menjawab hal tersebut.(010)

Tidak ada komentar:

ALLAZI ALLAMA BILKALAM ALLAMAL INSANA MALAM YA'LAM