Kamis, 26 Juli 2012

SANG PEMIPMPIN



Pemimpin merupakan sosok yang di tuakan dalam segala hal. Pemimpim memiliki kewenangan besar. Segala urusan yang menyangkut kelomopok, berada di bawah kebijakannya. Namun, di balik semua itu. pemimpin juga memiliki tanggung jawab lebih atas segala yang terjadi di kelompoknya. Sekecil apapun masalah itu, yang pertama kali di cari adalah sang pemimpin.
Selain itu. pemimpinpun harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kelompok. Dalam pengembanganya, pemimpin harus memiliki inovasi yang mampu menopang segala kreatiafitas yang ada dalam kelompoknya. Dan juga pemimpin mesti tahu apa yang tengah terjadi dalam kelompoknya. Apakh ada konflik internal. Dan bagaimana mencari solusinya. Sehingga pemimpin kadang tidak di benarkan untuk meninggalkan kelompoknya sebelum ada sebuah instruksi kerja ataukah pejabat sementara. Dan juga pemimpin tidak boleh berlama-lama dalam meninggalkan kelompoknya. Apalagi bila tidak ada koordinasi ataukah komunikasi di antara pemimpin dan anggota yang di tinggalkan.minimal koordinatornya.
Bila waktu pemilihan pemimpin sudah tiba. Banyak yang akan berbondong-bondong untuk menjadi pemimpin. Tapi sayang, banyak pula di antara mereka yang tidak memiliki motivasi pemimpin yang mengarahkan perubahan yang lebih baik. Yang ada hanyalah kekuasaan belaka. Dan juga hanya ingin menjadi orang nomor satu dalam kelompok. Banyak yang tidak tahu, bahwa seorang pemimpin adalah wakil rakyat sekaligus budak rakyatnya. Pemimpin harus tahu apa yang harus di lakukakn untuk kesejahteraan kelompok dan rakyatnya. Membangun eksistensi dan pengembangan lainnya harus menjadi jiwanya. Bukannya agar bisa keliling dunia menghabiskan anggaran dengan dalih study tour.
Tapi keberhasilan pemimpinpun tidak lepas dari dukungan bawahan dan rakyatnya. Apabila ada kerjasama yang baik di antar mereka niscaya kelompok akan terbangun dengan baik.

Tidak ada komentar:

ALLAZI ALLAMA BILKALAM ALLAMAL INSANA MALAM YA'LAM